Media Magic Card  Tema Benda di Sekitarku 
Untuk Kelas III Pada Pembelajaran Tema 3 (Benda di Sektarku) Subtema 1 ( Aneka Benda di Sekitarku)

Apa Itu?

Magic Card tema Benda di Sekitarku terbuat dari bahan utama kertas, didesain dengan software Photoshop sehingga guru dapat menentukan sendiri bagaimana desain yang menarik. Halaman depan berisi informasi singkat terkait bahan pembuat benda, masa teruai, dan sikap bijak kita terhadap pemakaian benda-benda tersebut agar bumi selamat. Bagian belakang kartu berisi informasi tangga satuan panjang dan alat ukur satuan panjang dan tangga satuan panjang. Berikut adalah rincian detail materi dari media ini:

    A.     Bahasa Indonesia

        Kompetensi Dasar:

3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

        Indikator:

3.1.1 Menjelaskan informasi terkait bahan pembentuk benda

4.1.1 Menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda

Tujuan Pembelajaran:

3.1.1 Dengan Magic Card tema Benda di Sekitarku, siswa dapat menjelaskan informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

4.1.1 Dengan Magic Card tema Benda di Sekitarku, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan kalimat sesuai EBI.

    B.     PPKn

        KD:

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

Indikator:

2.1.1 Menunjukkan sikap jujur, peduli, kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila-sila Pancasila

Tujuan Pembelajaran:

2.1.1 Dengan Magic Card tema Benda di Sekitarku, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, peduli, kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila-sila Pancasila

    C.      Matematika

        KD:

3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:

3.7.1 Menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan satuan baku

3.7.2 Mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur panjang

Tujuan Pembelajaran:

3.7.1 Dengan Magic Card tema Benda di Sekitarku, Siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit 2 satuan baku.

3.7.2 Dengan Magic Card tema Benda di Sekitarku, Siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur panjang


Bagaimana Prosedur Penggunaan Media Ini?

 Bagaimana Hasil Yang Didapatkan?


Dengan menerapkan media Magic Card tema Benda di sekitarku, siswa menjadi lebih aktif karena tidak hanya diam dan mencatat apa yang dibicarakan guru. Namun siswa secara langsung dapat menggunakan alat indranya sendiri untuk mendapatkan pengetahuan.

Selain dapat meningkatakan kompetensi pengetahuan, siswa juga dapat mengembangkan keterampilan menulis informasi dalam sebuah paragraph sesuai EBI dengan bantuan kata-kata kunci yang didapatkan dari Magic Card tema Benda di sekitarku.

Siswa juga bisa diajak menganalisa sikap apa yang harus dilakukan setelah mengetahui setiap benda memiliki masa terurai yang berbeda, yang sangat jelas bahwa itu sangat berpengaruh pada bumi kita. Sehingga ketiga ranah kompetensi K-13 dapat dicapai dengan satu media sederhana ini.


Gambar Media Tampak Depan


Gambar Media Tampak Belakang